Tips Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan Lele

Tips Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan Lele. Ia adalah ikan air tawar yang mengandung banyak protein dan mempunyai rasa yang enak dan lezat. Ikan lele banyak digunakan di restoran dan rumah makan. Baik untuk di goreng atau di buat sate ikan lele atau ikan lele asam pedas. Namun, ada satu kendala yang menysuahkan yaitu bau amis pada ikan lele. Ini membuat banyak pengelola makanan dari ikan lele kewalasan dalam menghilangkan bau amis.

Nah, kalau anda termasuk salah satu yang bekerja dengan mengolah ikan lele, kami akan berikan triks dan tips rahasia menghilangkan bau amis pada ikan lele. Tips menghilangkan bau amis ini kami bagikan dalam beberapa langkah yaitu mulai dari teknik mencuci, menyayat, membersihkan jeroan dan membuat bumbu khusus untuk ikan lele.

Tips Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan Lele
Hilangkan amis pada ikan lele

Tips Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan Lele


Teknik Mencuci


Ketika nda membeli ikan lele, langkah awal yang harus anda lakukan adalah membersihkannya dengan air mengalir agar lendir yang melekat pada kulit ikan bersih. Kemudian segera memotong sirip sebelah kanan dan kirinya karena ia beracun. Langkah ini akan membuat ikan lele anda sedikit kehilangan bau amisnya.

Teknik penyayatan


Selanjutnya adalah menyayat ikan lele dengan benar. Cara menyayatnya adalah dengan memulai dari belakang kepalanya hingga ke bagian ekor dengan mengikuti garis tulangnya. Nah, cara ini tidak hanya menghilangkan bau amis pada lele tetapi juga membuat bumbu masakan meresap dengan sempurna sehingga ikan lele cepat matang.

Hilangkan Jeroannya


Sebelum memberikan bumbu, pastikan anda sudah menghilangkan jeroan-jeroannya. Ini adalah salah satu tips menghilangkan bau amis pada ikan lele. Jeroan pada ikan lele adalah sumber utama bau amis. Jadi, dengan membersihkan ini di harapkan bisa menghilangkan bau amis dengan benar.

Lantas bagaimana cara membersihkan jeroan pada ikan lele? Caranya adalah dengan mengerat ikan lele 0.5 atau 1 cm di belakang patil ikan lele sehingga benar terlihat kelenjar hitamnya. Keluarkan kantong berwarna hitam itu dan usahakan jangan pecah. Ini dilakukan pada dua sisi ikan lele.

Memberikan bumbu pada ikan


Kemudian, untuk mengolah ikan lele segera berikan bumbu untuk menghindari bau amis yang belum hilang. Rendamlah ikan lele dalam bumbu seperti garam, bawang merah, jeruk nipis, lemon, ketumbar dan kunyit. Beri air sedirki saja pada bubmu tersebut agar ikan terendam dengan bumbu secara sempurna. Diamkan selama 15 menit dan kemudian ikan lele bisa di olah sesuai dengan keinginan.

Demikianlah tips menghilangkan bau amis pada ikan lele. Silahkan di coba dan tidak perlu banyak waktu ikan lele anda sudah bebas dari bau amis yang menyesakkan. Semoga bermanfaat, share kepada teman-teman anda!