Resep Orek Tempe Pedas Basah

Resep Orek Tempe Pedas enak dimulut. Tempe adalah makanan yang di olah dari kacang kedelai yang mengandung protein bagi kesehatan tubuh. Selan itu, sangat banyak kegunaan dan manfaat dari tempe. Rasanya yang enak dan renyah seringkali masakan tempe dijadikan sebagai masakan gorengan yang dicemil diluar hidangan. Banyak cara membuat tempe menjadi masakan yang enak, seperti di goreng, di masak bersama sayuran atau dibuat bersama sambal. Salah satu model masakan tempe yang dibuat bersama sambal pedas adalah orek tempe pedas dan basah ini.

Bagi anda pecinta masakan Indonesia ini, tentu jangan anda lewatkan menu tempe yang satu ini, selain mudah dalam membuatnya, juga memberikan aneka rasa dilidah. OK, bagi yang ingin membuatnya, berikut kami sajikan resepnya, mulai dari bahan-bahan hingga cara pengolahannya.

Resep Orek Tempe
Resep Orek Tempe Pedas Basah

Bahan-bahannya adalah:
1 buah tempe, potong-potong menjadi kotak sebesar 1 cm
Lengkuas dimemarkan sebesar 1 ruas jari
Kecap manis 3 sdm
1 lembar daun salam
Minyak goreng seperlunya untuk menggoreng tempe
Selain bahan ini, ada juga bahan halus, yaitu:
50 gram cabe merah
8 buah cabe rawit
1 butir bawang putih
5 butir bawang merah
1/2 sendok teh bumbu penyedap rasa
1/2 sendok teh garam
50 cc air (1/4 gelas)
Nah, itulah bahan yang harus anda persiapkan. Sekarang kita lihatan cara mengolahnya menjadi masakan tempe orek yang enak dinikmati.

Cara membuat tempe Orek Pedas

  1. Ambil wajan dan panaskan minyak goreng, selanjutnya goreng tempe yang sudah anda potong-potong hingga matang. Angkat dan tiriskan, sisihkan
  2. Sisihkan minyak goreng sehingga tersisa sedikit. Selanjutnya tumis semua bahan halus/bumbu halus hingga harum
  3. Masukkan air, masukkan kecap manis, daun salam dan lengkuas, dan masukkan tempe yang sudah digoreng tadi
  4. Masak tempe bersama bahan tumisan hingga kelihatan mengering dan kental
  5. Angkat dan sajikan dalam piring
Demikianlah resep membuat tempe orek pedas basah ala Indonesia, semoga masakan tempe satu ini bisa menggugah selera makan anda. Demikian sharing dari kami, selamat mencoba dan sukses. Jangan lewatkan resep lain yaitu resep karedok Sunda berserat.