Resep Membuat Keripik Kentang Sehat dari Rumah

Resep Membuat Keripik Kentang - Keripik kentang adalah makanan yang sangat digemari dengan rasa asin gurih membuat hampir semua kalangan jatuh cinta. Anda bisa membeli makanan keripik kentang di supermarket atau di gerai dekat rumah, namun banyak mereka sekarang membuatnya sendiri dari rumah dengan alasan untuk menjamin kualitas kesehatannya. Namun biasanya keripik yang dibuat sendiri sering cepat melempem, maka pada kali ini kami membagikan resep membuat keripik kentang renyah gurih tanpa cepat melempem.

Resep Membuat Keripik Kentang Sehat

Resep Membuat Keripik Kentang


Berikut tips dan trik membuat keripik kentang yang enak dan sehat dari rumah.

Ada beberapa cara yang harus di perhatikan untuk mendapatkan keripik kentang yang renyah dan enak serta tidak melempem. Diantaranya adalah cara pengirisannya yg harus tipis, merendam dalam air dingin, mengeringkannya dan menggoreng secara bertahap.

1. Proses pengirisan


Ini adalah kunci paling penting untuk mendapatkan keripik yang renyah dan enak. Jadi, kita harus memperhatikan cara pengirisannya sehingga keripik yang didapatkan benar-benar tipis. Untuk kentang idealnya dipotong 1/8 inci. Gunakan parutan keripik untuk mendapatkan irisan yang halus dan tipis.

2. Merendam dalam air dingin


Kenapa irisan kentang harus di rendam dalam air dingin? Logikanya begini, kentang adalah makanan yang tinggi kadar gula, jadi untuk mendapatkan kentang yang renyah tentu kadar gula inilah yang harus dikeluarkan dari kentang. Selain itu, merendam dalam air dingin juga bermanfaat untuk mendapatkan kentang yang tidak hitam atau coklat pinggirnya ketika di goreng.

3. Pengeringan


Ini adalah cara selanjutnya untuk mendapatkan kentang yang renyah dan dingin. Mengeringkan kentang adalah untuk menghilangkan kadar air dalam kentang. Anda bisa melakukan ini dengan meletakkan kentang yang sudah direndamkan tadi diatas handuk, kemudian menutupinya dengan handuk lain, proses ini akan meresapkan air dari kentang itu sehingga membuat kentang menjadi lebih renyah.

4. Goreng secara bertahap


Menggoreng kentang tidak boleh sekaligus tetapi harus bertahap. Pertama goreng kentang dengan suhu 90 derjat selanjutnya naikkan suhu menjadi 175 derjat. Menggvoreng dalam suhu rendah bertujuan untuk mengeluarkan kandungan air dalam kentang sehingga minyak bisa masuk kedalam lapisan kentang.

5. Tiriskan


Ini adalah langkah yang tak kalah penting untuk mendapatkan kentang goreng yang renyah. Tiriskan diatas saring kawat atau dengan meletakkannya diatas tisuu sehingga kandungan minyak bisa keluar dengan sempurna.

Demikianlah cara dan trik mendapatkan kentang yang renyah dan gurih serta sehat dimakan. Selamat mencoba semoga berhasil

Baca juga: cara membuat kaldu bubuk