Resep Membuat Kaldu Bubuk, Homemade

Resep Membuat Kaldu Bubuk - Kali ini resep82 akan membagikan resep membuat bubbukkaldu sebagai penyedap masakan pengganti MSG. Kalau anda takut mengkonsumsi MSG karena tidak aman bagi kesehatan, tidak ada salahnya anda mencoba membuat penyedap masakan sendiri dari rumah. Memang membuat kaldu bubuk homemade ini agak sedikit sulit, tetapi sangat dianjurkan demi meninggalkan mSg yang berbahaya bagi kesehatan kita.

Ok, kita lihat saja bagaimana resep membuat bubuk kaldu sendiri dari rumah. Membuat penyedap masakan dari kaldu bubuk harus di perhatikan beberapa proses seeprti proses blender, dan pengeringan.

Resep Membuat Kaldu Bubuk, Homemade

Resep Membuat Kaldu Bubuk, Homemade


Proses blender: Proses ayam ini sedikit memakan waktu yang agar lama karena anda harus melalui beberapa kali blender untuk mendapatkan hasil ayam yang lebih halus. Namun, kalau anda merasa sulit anda bisa menggunakan jasa blender daging di pasar tradisional.

Proses pengeringan: Proses pengeringan sangat lama, mungkin anda akan merasakan tangan anda pegal-pegal. Namun ini tidak masalah demi mendapatkan penyedap makanan yang sehat dan tidak berbahaya seperti MSG. Anda bisa menggunakan wajan anti lengket untuk proses pengeringan atau sangrai.

Baca juga: Tips menghilangkan bau tak sedap dari daging kambing

Berikut silahkan di simak proses pembuatan bubuk kaldu langsung dari rumah.

Bahan-Bahan yang di Perlukan adalah:


  1. 300 gram dada ayam tanpa kulit
  2. 100 gr wortel, dipotong-potong
  3. Garam, secukupnya
  4. 25 siung bawang putih
  5. 1 btg daun bawang
  6. 1/2 btr bawang bombay

Cara Membuat Kaldu Bubuk Homemade


  1. Semua bahan di haluskankan tanpa menggunakan air, dengan menggunakan blender atau food prosesor
  2. Selanjutnya adalah sangrai daging ayam yang sudah halus menggunakan wajan anti lengket tanpa menggunakan minyak, aduk-aduk terus untuk menghilangkan air.
  3. Ambil loyang kue dan ratakan diatas loyang, lalu panggang. Sesekali di aduk dan di cek agar tidak gosong
  4. Kalau dagingnya hampir kering dan garing belnder dengan bumbu kecil. Selanjutnya, ratakan lagi diatas loyang dan oven hingga kering sempurna
  5. Langkah terakhir adalah memblender sekali lagi agar menjadi semakin halus, masukkan dalam toples kaca dan disterilkan.

Ini adalah resep membuat kaldu atau penyedap dari daging ayam, anda bisa menggantikannya dengan daging kesukaan anda seperti dagign sapi atau udang.